Pelayanan Rehabilitasi Lanjut Usia Terlantar

By dinsos 09 Agu 2022, 21:16:18 WIB

 

KOMPONEN

SATUAN

1

Dasar Hukum

1.     UU No. 13 Tahun 1988 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia

2.     PP No. 43 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Lanjut Usia

3.     Perda Kab. Solok No. 5 Tahun 2018 tentang              Penyelenggaraan              dan

Penanggulangan Kesejahteraan Sosial

2.

Persyaratan Pelayanan

1.     SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu)

2.     Foto Copy KK

3.     Foto Copy KTP

4.     BPJS

5.     Ijin Keluarga

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

 

Dinas Sosial menerima laporan dari keluarga lansia terlantar

 

 

Pemohon datang ke dinas sosial untuk membawa berkas persyaratan

 

 

Memeriksa berkas serta mengecek atau menelusuri kondisi lansia apakah layak masuk panti

 

 

Jika Layak akan dikeluarkan surat rekomendasi serta lampiran berkas

 

 

Jika lansia tersebut atau tergolong dari masyarakat tidak mampu untuk kepanti sendiri, maka dinas sosial menfasilitasi ke panti, jika mampu maka hanya diberikan surat rekomendasi saja

 

 

Lansia menjalani pelayanan di panti wreda

 

 

Pengiriman Lanjut Usia Terlantar adalah mereka yang berusia 60 Tahun ke atas namun dalam kondisi terlantar tidak memiliki keluarga yang bisa merawat diri (Mandiri) Prosedur Manual


 

 

1.   Dinas Sosial Memperoleh Laporan Terkait Lia           Terlantar,           atau                 pemohon (Lansia/Keluarga Lansia)

2.   Pemohon datang ke dinas sosial dengan membawa persyaratan untuk pembuatan rekomendasi masuk panti

3.   Dinas Sosial mengecek atau menelusuri kondisi lansia tersebut apakah layak masuk panti atau tidak

4.   Jika layak dan disetujui, dibuatkan surat rekomendasi dan dilampirkan beserta persyaratan lain, dinas mengarsip

5.   Jika lansia tersebut atau masyarakat tidak mampu untuk kepanti sendiri, maka dinas sosial menfasilitasi ke panti, jika mampu maka hanya diberikan surat rekomendasi saja

6.   Lansia menjalani pelayanan di panti wreda

4

Jangka Waktu Penyelesaian

2 Hari

5

Biaya/Tarif

Rp.0,- (gratis)

6

Produk Pelayanan

Surat Rekomendasi Serta Tanggung Jawab Pengiriman

7

Sarana, Prasarana dan

/atau Fasilitas

Ruang Tunggu, Meja Pelayanan, tempat parkir, toilet, Kotak Saran, Kendaraan Dinas, ATK dan Komputer

8

Kompetensi Pelaksana

Petugas Administrasi, Driver, Peksos

9

Pengawasan Internal

Pengawasan dibidang Rehabilitasi

10

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

Lapor@go.id

E-Mail : dinassosial678@gmail.com Website: Dinsos.Solokkab.go.id

Telpon / Fax (O755) 7334002, 7334003

Dinas Sosial Kabupaten solok Kotak Saran

11

Jumlah Pelaksana

1 Petugas Administrasi, 2 Pekerja Sosial Anak (Sakti Peksos), 1 Driver,1 Kasi Anak

12

Jaminan Pelayanan

Melayani     dengan     ramah     dan                     penerima manfaat     akan                     mendapatkan             materi           dan

pelatihan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Pelayanan bebas pungli,Keamanan Produk Layanan dengan surat resmi dari Dinas yang berlogo dinas Serta yang dijamin Keasliannya

dengan diberikan nomor registrasi yang telah di agendakan arsip kantor

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Dilaporkan kepada atasan secara berkala