Susun Renja 2018, Dinsos Solok Jaring Aspirasi Warga

By dinsos 14 Jul 2018, 11:23:29 WIB rehabilitasi sosial penyandang disabilitas
Susun Renja 2018, Dinsos Solok Jaring Aspirasi Warga

Solok – Dinas Sosial Kabupaten Solok Sumatera Barat menggelar forum rapat penggerak pembangunan kesejahteraan sosial yang terdiri dari taruna siaga bencana (Tagana), pekerja sosial masyarakat (PSM), tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), Kasi Kesra Kecamatan, pengurus panti, yayasan, LSM sosial dan pihak terkait lainnya baik tingkat Nagari maupun Kecamatan guna menjaring aspirasi dari akar rumput sebagai masukan dalam rangka merancang dan menyusun program kerja dinas sosial tahun 2018 yang digelar di Lingkungan Kantor Dinas Sosial Kabupaten Solok, Lubuk Selasih, Senin (13/3/2017) lalu.

Kabid perlindungan jaminan sosial (Linjamsos) dinas sosial Kabupaten Solok Nasuri saat dikonfirmasi di Ruang kerjanya, Selasa (14/3) kepada MediaHarapan.com menjelaskan, rapat yang digelar kemaren itu, guna menjaring aspirasi masyarakat dari lapisan terbawah dengan harapan segala kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan tupoksi dinas sosial bisa terangkul sehingga program – program yang ada itu benar – benar tepat sasaran dan tepat dalam pemanfaatannya.

Dikatakan Nasuri, pastinya mereka yang berkecimpung di nagari – nagari ataupun kecamatan akan lebih memahami dan tahu kondisi lapangan secara lebih mendetail di wilayahnya masing – masing. “Untuk itu kita langsung berkoordinasi dengan pihak yang berkecimpung di nagari dan kecamatan seperti PSM, TKSK dan pihak terkait lainnya untuk menampung segala masukan dan infirmasi real di lapangan sebagai salah satu dasar dan pedoman kita dalam penyusunan program kerja dinas sosial pada tahun 2018, agar program dan kegiatan itu benar – benar terfokus dan menyentuh kepada masyarakat sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhannya” jelas Nasuri.

Nasuri juga menyatakan, banyak masyarakat yang belum mengetahui kegiatan di dinas social yang sebenarnya sangat berperan dalam perwujudan pencapaian kesejahteraan sosial masyarakat. ia tidak menampik jika selama ini TKSK di Kecamatan kurang berperan dalam hal ini dan belum berani bersuara mensosialisasikan kegiatan dinas sosial. Ia beranggapan, mungkin disebabkan mereka takut memberikan janji – janji kosong kepada masyarakat atau takut umbar janji, hingga akhirnya banyak masyarakat tidak mengetahui program yang ada itu karna informasi yang tidak sampai.
Diterangkannya, kemaren telah dikumpulkan semua petugas nagari dan kecamatan itu dan responnya cukup banyak dari nagari. “Banyak mengapung usulan dan permintaan dari nagari dan kecamatan. Saat ini tengah direkap hasilnya untuk diajukan ke badan penelitian penelitian dan pengembangan (Balitbang). hasil itulah yang akan menjadi salah satu program dinas sosial untuk tahun 2018 mendatang dengan sasaran 26 masalah kesejahteraan sosial itu akan terjawab” tuturnya.

Lebih jelas diungkapkan Kabid Linjamsos Dinsos Kab.Solok Nasuri, hasil itu juga yang akan menjadi dasar untuk berargumentasi dengan DPRD, untuk kita ajukan bahwa inilah kebutuhan dan permintaan masyarakat demi peningkatan kesejahteraan masyararakat itu sendiri. Dan Nasuri yakin serta optimis, target itu akan tercapai karna ia percaya anggota dewan akan memperjuangkan masyarakatnya. Nasuri juga berharap dukungan semua pihak, pimpinan daerah dan lembaga legislative di daerah itu, demi terwujudnya cita – cita kabupaten Solok dalam mewujudkan masyarakat madani nan sejahtera. (Amel)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment