Pengurusan Kartu Kesehatan

By dinsos 09 Agu 2022, 15:16:39 WIB

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum

1.     Peraturan Presiden No 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan

2.     Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 903 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat

2.

Persyaratan Pelayanan

1.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Walinagari Setempat

2.     Foto Copy Kartu Keluarga (KK)

3.     Foto Copy KTP

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur



1.     Pemohon Mengajukan Bahan Pengurusan Kartu KIS Ke Dinas Sosial Kabupaten Solok

2.     Petugas Menerima Bahan Untuk Memeriksa Bahan pengurusan Pemohon Lengkap Atau Tidak Lengkap

3.     Petugas Validasi akan mengecek data pemohon apakah sudah terdaftar sebelumnya

4.     Petugas akan melakukan pengentrian data atau merekap data usulan penerima KIS untuk diserahkan ke BPJS

5.     BPJS Menerima Data Usulan penerima kartu KIS serta menvalidasi kembali data yang telah diberikan oleh dinas sosial

6.     Cetak kartu dan diserahkan kembali kepada dinas sosial untuk didistibusikan

7.     Dinas Sosial Melakukan Pendistribusian Kartu KIS yang akan diserahkan ke kantor walinagari setempat sesuai alamat domisili dari si pemohon.

4

Jangka Waktu Penyelesaian

60 Menit

5

Biaya/Tarif

Rp.0,- (gratis)

6

Produk Pelayanan

Penginputan Data serta Pendistribusian Kartu KIS

Sarana, Prasarana dan /atau Fasilitas

1. Komputer;

2. Printer;

3. ATK;

4. Buku agenda/Surat Keluar

8

Kompetensi Pelaksana

1.   Memahami Peraturan Perundang-undangan tentang pembuatan Kartu jaminan kesehatan (KIS)

2.   Memahami Kebijakan Daerah

9

Pengawasan Internal

Atasan langsung

10

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

solokkab.lapor@go.id

E-Mail  : dinassosial678@gmail.com

Website: dinsos.solokkab.go.id

Telpon / Fax (O755) 7334002, 7334003

Dinas Sosial Kabupaten Solok

Kotak Saran

11

Jumlah Pelaksana

2 (dua) orang

12

Jaminan Pelayanan

1.       Memahami Aturan yang telah ditentukan

2.       Apabila tidak Bisa Untuk di Proses Akan diarahkan sesuai dengan yang telah ditentukan

3.       Akan melakukan pelayanan sesuai dengan Motto dinas Sosial dengan Pelayanan SETIA (Senyum, Energik, Tertib, Intelektual dan Amanah)

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan  Pelayanan

1.       Keamanan Produk Layanan dengan surat resmi yang berlogo dinas yang dijamin Keasliannya dengan diberikan nomor registrasi yang telah di agendakan arsip kantor

2.       Surat Rekomendasiakan di bubuhi tandatangan serta cap basah dijamin keasliannya

3.     Kenyamanan dalam pelayanan sangat diutamakan bebas dari pungutan liar

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Dilaporkan kepada atasan secara berkala