Dinas Sosial bersama BBPPKS Padang Gelar FGD Asesmen Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

By dinsos 26 Jul 2022, 20:08:58 WIB pemberdayaan masyarakat kelembagaan dan restorasi
Dinas Sosial bersama BBPPKS Padang Gelar FGD Asesmen Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

Dinas Sosial Kabupaten Solok bersama Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang menyelenggarakan Focus Group Disscusion (FGD) Asesmen Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2022, bertempat di Kantor Wali Nagari Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih, Selasa (26/7/2022).

Kegiatan itu, dibuka secara resmi oleh Kepala BBPPKS Padang yang diwakili oleh Koordinator Bidang Diklat dan Kelembagaan BBPPKS Regional I Sumatera, Dra.Nurdiyas, M. Pd didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok, Ir. Syoufitri dan Siska Yulia S, S.Pi, M.Si, dari Balai Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Pekan Baru, Riau.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Junjung Sirih Vice Febrianeldi, S.STP, M.Si, Wali Nagari Muaro Pingai, Dodi Harmen, SE, serta perangkat Pemerintahan Nagari setempat, termasuk Koordinator PKH Kabupaten Solok Candra Fajri, S.Kom.

Baca Lainnya :

 

Adapun Peserta kegiatan Asesmen tersebut merupakan unsur Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH), Korwil PKH, Pendamping PKH, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna, Tenaga Pendamping Profesional (P3MD), Pendamping Desa dan Pelaku Usaha.

Dalam sambutanya, Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang diwakili Koordinator Bidang Diklat dan Kelembagaan BBPPKS Regional I Sumatera, Nurdiyas, mengatakan, tujuan Asesmen Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan tuntutan kemandirian Penerima Manfaat/Keluarga Penerima Manfaat (PM/KPM) sebagai upaya mengarahkan ke sumber daya melalui pelatihan pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan pendapatan dan taraf kesejahteraan hidup secara berkelanjutan. Beliau juga mengungkapkan bahwa ruang lingkup Asesmen Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat adalah mengidentifikasi kebutuhan kelembagaan Pemberdayaan masyarakat, kebutuhan kewirausahaan sosial dan kebutuhan pengembangan kompetensi sumber daya manusia.



Pada rangkaian acara tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok, Ir. Syofitri langsung menjadi narasumber bersama perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari serta Balai Pemberdayaan Masyarakat Desa Pekan Baru.

Pada materi yang disampaikan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok Ir. Syoufitri mengatakan bahwa Penyelenggaraan FGD Asesmen Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2022 ini, dalam rangka untuk memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya pada sektor pengembangan budi daya Perikanan di Nagari Muaro Pingai Kecamatan Kabupaten Solok.






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment